Seputar Hari Valentine

Info artikel tentang Seputar Hari Valentine tentang artikel Seputar Hari Valentine ini, semoga info atau artikel ini juga dapat berguna bagi Anda, serta menambah wawasan bagi Anda, semoga bermanfaat. Jangan lupa like dan share nya ya! Selamat Membaca!

 
# Sejarah Valentine Day #

* Hari Budaya Cinta
Valentine day adalah hari kasih sayang, yg dirayakan setiap tanggal 14 Pebruari, dan sebenarnya hari valentine adalah perayaan yg gak resmi diberbagai negara. Seperti halnya hari ulang tahun, hari sabtu malam minggu. Hari-hari seperti itu hanyalah sebagai budaya dan keinginan manusia aja untuk mengekpresikan kebahagiaan. Dan yg menentukan hari-hari yg gak resmi itu terutama adalah orang-orang tertentu mengikuti sejarah yg berupa upacara tertentu.



* Perayaaan Kesuburan
Sejarah yg lalu, menurut kalender "Athena Kuno". Pada petengahan Januari dan pertengahan Februari adalah hari-hari yg penuh dengan kesuburan, mereka melandasi hari-hari dalam pertengahan bulan itu sebagai hari kesuburan ketika ada persembahan sesuatu (berupa hewan) kepada dewa 'zeus' dan 'hera' dalam pernikahannya. Pertengahan bulan tersebut dinamakan sebagai bulan "Gamelion".

- Kesimpulannya:
Kalo ini jadi dasar hari valentine, bukan hanya 14-15 Februari, melainkan juga 14-15 Januari. Anehnya, kenapa pada tanggal 14 Pebruari yg dijadikan sebagai hari kasih sayang?

* Hari Raya Gereja
Landasan kedua, yg menjadikan 14 Februari sebagai hari valentine berasal dari perayaan "Triple Valentinus" (3 orang suci).
Valentine diambil dari hari raya gereja sebagai penghormatan kepada triple valentinus, 3 orang yg disebut suci. Yaitu pastur, Uskup (pemimpin gereja) dan martir (pejuang). Mereka menyebut sebagai triple valentinus ketika mereka menemukan kerangka dimakam 'Santo Hyppolitus' dekat Roma tepat pada Februari.
Kerangka-kerangka yg diyakini sebagai valentinus diserahkan pada paus untuk dimakamkan kembali digereja tepatnya di Irlandia. Banyak orang yg berziarah dimakam itu pada hari valentine.

* Ajaran Gnostisisme
Valentine diperkuat dari ajaran Gnostisisme yaitu orang yg dianggap uskup atau pemimpin gereja yg mempunyai aliran sinkretisme. Ajarannya berupa, bahwa tempat tidur pelaminan merupakan tempat utama cinta kasih dalam versi kristian (orang kristen).

* Keyakinan
Dan ada lagi yg berkeyakinan, bahwa pada tanggal 14 Februari merupakan hari-hari burung mencari pasangannya. Ini juga dijadikan dasar sebagai hari valentine.

# Lambang Valentine Day #
- Manusia Berbaju kulit kambing (perayaan pernikahan dewa zeus)
- Simbol Hati
- Anak yg mempunyai dua sayap putih
- Bunga Mawar
- Cokelat
- Dll

# Perayaan Valentine Day Modern #

* Di Negara Barat
Di Amerika, valentine day dirayakan dengan cara membagikan kartu tanda cinta kepada siapapun orang yg dicintai.

* Di Jepang
Di Jepang berbeda sebutan untuk valentina day, disana pada hari valentine disebut sebagai white day (Hari Putih), dimana seorang perempuan wajib memberikan cokelat kepada prianya. Dan apabila pria sudah diberikan cokelat, wajib membalasnya.

* Di Taiwan
Di Taiwan malah mempunyai 3 sebutan, hari valentine, hari putih dan hari anak. Banyak amat yah sebutannya.

* Di Indonesia
Di Indonesia sendiri yg paling beda, karena Indonesia adalah Negara berkembang, setiap ada budaya dari Barat yg masuk di Indonesia, akan dikembangkan oleh masyarakat ini. Jadi, gak maju-maju. Seharusnya, budaya kita yg harus bisa dikembangkan oleh mereka diluar sana.

* Dan Satu Hal yg Paling Tragis:
Pada saat tanggal 14 Februari 1929 terjadi pembantaian di Chicago.
So, hari valentine bukanlah hari kasih sayang yg sebenarnya. Hari kasih sayang perlu diterapkan disetiap hari, jangan mendasarkan kasih dan cinta pada sesuatu yg gak jelas, agar kasih sayang bermanfaat dimata sesama dan Tuhan. :)
Yang terpenting dalam hidup adalah:
- Saling menghormati
- Tidak menghina
- Memberikan nasihat kebaikan
- dan semua itu kita lakukan tanpa memandang agama, suku, ras dan golongan.
(Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.)


Sumber 

Demikian artikel tentang Seputar Hari Valentine yang dapat kami sampaikan semoga artikel atau info tentang Seputar Hari Valentine ini, berkenan dan bermanfaat. Jangan lupa like dan share nya ya!

Sejarah Valentine

Info artikel tentang Sejarah Valentine tentang artikel Sejarah Valentine ini, semoga info atau artikel ini juga dapat berguna bagi Anda, serta menambah wawasan bagi Anda, semoga bermanfaat. Jangan lupa like dan share nya ya! Selamat Membaca!



 
Sejarah Hari Valentine sendiri terdiri dari banyak versi bahkan sampai saat ini tidak ada versi yang benar-benar pasti mengenai sejarah Hari Valentine ini, berikut selengkapnya,,,




Sejarah Hari Valentine Versi 1


Menurut tarikh kalender Athena kuno, periode antara pertengahan Januari dengan pertengahan Februari adalah bulan Gamelion, yang dipersembahkan kepada pernikahan suci Dewa Zeus dan Hera.



Di Roma kuno, 15 Februari adalah hari raya Lupercalia, sebuah perayaan Lupercus, dewa kesuburan, yang dilambangkan setengah telanjang dan berpakaian kulit kambing. Sebagai bagian dari ritual penyucian, para pendeta Lupercus meyembahkan korban kambing kepada sang dewa dan kemudian setelah minum anggur, mereka akan lari-lari di jejalanan kota Roma sembari membawa potongan-potongan kulit domba dan menyentuh siapa pun yang mereka jumpai. Terutama wanita-wanita muda akan maju secara sukarela karena percaya bahwa dengan itu mereka akan dikarunia kesuburan dan bisa melahirkan dengan mudah.



Sejarah Hari Valentine Versi 2

Menurut Ensiklopedi Katolik (Catholic Encyclopaedia 1908), nama Valentinus paling tidak bisa merujuk tiga martir atau santo (orang suci) yang berbeda:

seorang pastur di Romal

seorang uskup Interamna (modern Terni)

seorang martir di provinsi Romawi Africa.

Keterkaitan antara ketiga martir ini dengan hari raya cinta romantis tidak jelas. Bahkan Paus Gelasius I, pada tahun 496, menyatakan bahwa sebenarnya tidak ada yang diketahui mengenai martir-martir ini namun hari 14 Februari ditetapkan sebagai hari raya peringatan santo Valentinus. Ada yang mengatakan bahwa Paus Gelasius I sengaja menetapkan hal ini untuk mengungguli hari raya Lupercalia yang dirayakan pada tanggal 15 Februari.



Sejarah Hari Valentine Versi 3 

Kisah Valentinius



Valentine adalah seorang pendeta yang hidup di Roma pada abad ke-III. Ia hidup di kerajaan yang saat itu dipimpin oleh Kaisar Claudius yang terkenal kejam. Ia sangat membenci kaisar tersebut. Claudius berambisi memiliki pasukan militer yang besar, ia ingin semua pria di kerajaannya bergabung di dalamya.



Namun sayangnya keinginan ini tidak didukung. Para pria enggan terlibat dalam peperangan. Karena mereka tak ingin meninggalkan keluarga dan kekasih hatinya. Hal ini membuat Claudius marah, dia segera memerintahkan pejabatnya untuk melakukan sebuah ide gila.



Claudius berfikir bahwa jika pria tidak menikah, mereka akan senang hati bergabung dengan militer. Lalu Claudius melarang adanya pernikahan. Pasangan muda saat itu menganggap keputusan ini sangat tidak masuk akal. Karenanya St. Valentine menolak untuk melaksanakannya.



St. Valentine tetap melaksanakan tugasnya sebagai pendeta, yaitu menikahkan para pasangan yang tengah jatuh cinta meskipun secara rahasia. Aksi ini akhirnya diketahui oleh kaisar yang segera memberinya peringatan, namun ia tidak menggubris dan tetap memberkati pernikahan dalam sebuah kapel kecil yang hanya diterangi cahaya lilin.



Sampai pada suatu malam, ia tertangkap basah memberkati salah satu pasangan. Pasangan tersebut berhasil melarikan diri, namun malang St. Valentine tertangkap. Ia dijebloskan ke dalam penjara dan divonis hukuman mati dengan dipenggal kepalanya. Bukannya dihina oleh orang-orang, St. Valentine malah dikunjungi banyak orang yang mendukung aksinya itu. Mereka melemparkan bunga dan pesan berisi dukungan di jendela penjara dimana dia ditahan.



Salah satu dari orang-orang yang percaya pada cinta kasih itu adalah putri penjaga penjara sendiri. Sang ayah mengijinkan putrinya untuk mengunjungi St. Valentine. Tak jarang mereka berbicara lama sekali. Gadis itu menumbuhkan kembali semangat sang pendeta. Ia setuju bahwa St. Valentine telah melakukan hal yang benar.



Pada hari saat ia dipenggal alias dipancung kepalanya, yakni tanggal 14 Februari, St. Valentine menyempatkan diri menuliskan sebuah pesan untuk gadis putri sipir penjara tadi, ia menuliskan Dengan Cinta dari Valentinemu.



Pesan itulah yang kemudian mengubah segalanya. Kini setiap tanggal 14 Februari orang di berbagai belahan dunia merayakannya sebagai hari kasih sayang. Orang-orang yang merayakan hari itu mengingat St. Valentine sebagai pejuang cinta, sementara kaisar Claudius dikenang sebagai seseorang yang berusaha mengenyahkan cinta.


Demikian artikel tentang Sejarah Valentine yang dapat kami sampaikan semoga artikel atau info tentang Sejarah Valentine ini, berkenan dan bermanfaat. Jangan lupa like dan share nya ya!

Tradisi Unik Valentine

Info artikel tentang Tradisi Unik Valentine tentang artikel Tradisi Unik Valentine ini, semoga info atau artikel ini juga dapat berguna bagi Anda, serta menambah wawasan bagi Anda, semoga bermanfaat. Jangan lupa like dan share nya ya! Selamat Membaca!

Headline
Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia, ada saja warganya yang merayakan Hari Kasih Sayang itu penuh suka cita dengan beragam tradisi unik. Seperti apa?

Amerika Serikat

Di Amerika, perayaan Valentine ditandai dengan saling bertukar kartu. Ada banyak jenis kartu yang diberikan saat perayaan Hari Kasih Sayang selama bertahun-tahun. Bukan hanya kartu-kartu berhias indah dan berisi kata-kata cinta, tapi juga yang berisi humor-humor kejam.

Tak jarang orang-orang berkreasi membuat kartu Valentine untuk diberikan pada orang-orang tercinta.

Inggris

Para cewek Inggris yang masih jomblo bangun lebih pagi pada Hari Valentine. Mitosnya, pria pertama yang mereka lihat hari itu yang akan menjadi pendamping hidupnya.

Kebiasaan unik lainnya, mereka meletakkan semanggi berdaun empat yang dipercaya sebagai simbol keberuntungan di sudut-sudut bantal. Mereka juga memakan telur dengan garam di malam Valentine.

Jerman

Di Jerman ada tradisi bagi pria muda dan kekasihnya untuk saling menunjukkan kasih sayang mereka dengan mengirim bunga pada Hari Valentine. Biasanya juga disertai kartu berisi kata-kata indah.

Para pria Jerman juga memberikan bunga mawar, cokelat dan lain-lainnya sebagai hadiah Valentine untuk istrinya.

Jepang

Valentine's Day dirayakan berbeda di Negeri Matahari Terbit ini. Dalam setahun, Valentine's Day dirayakan sebanyak dua kali. Tepatnya pada 14 Februari atau Valentine�s Day, serta 14 Maret, yaitu White Day.

Pada Valentine's Day, wanita Jepang memberi coklat hon-mei dan giri-choco (untuk teman dan keluarga). Kebanyakan dari mereka membuat coklat itu sendiri.

Kemudian pada White Day yang merupakan hari para pria Jepang membalas coklat yang mereka terima pada Valentine's Day dengan kado atau coklat serba putih.

Dari coklat ini perasaan dapat terlihat. Jika para cewek memberi kado atau coklat yang biasa pada cowok, berarti ia hanya menganggap teman, dan sebaliknya.

Italia

Bergeser ke Negeri Pizza. Hari Valentine dirayakan sebagai bagian dari Festival Musim Semi dan digelar di tempat terbuka. Kaum muda berkumpul di lapangan berbunga atau ornamen taman. Di tempat ini mereka mendengarkan musik dan pembacaan puisi.

Prancis

Di kota mode Paris, ada tradisi unik pada Hari Valentine. Para lanjang masuk rumah dan saling berhadapan dan mulai saling memanggil dari satu jendela ke jendela lainnya dan berpasangan dengan seseorang yang mereka pilih. Jika seorang pria tidak menyukai pasangannya dia akan meninggalkan wanita ini.

Selanjutnya ada acara api unggun. Dalam acara ini para wanita yang ditinggalkan akan membakar foto pria ini dan meneriakkan makiannya


Sumber

Demikian artikel tentang Tradisi Unik Valentine yang dapat kami sampaikan semoga artikel atau info tentang Tradisi Unik Valentine ini, berkenan dan bermanfaat. Jangan lupa like dan share nya ya!

Fakta Hari Valentine

Info artikel tentang Fakta Hari Valentine tentang artikel Fakta Hari Valentine ini, semoga info atau artikel ini juga dapat berguna bagi Anda, serta menambah wawasan bagi Anda, semoga bermanfaat. Jangan lupa like dan share nya ya! Selamat Membaca!

 
  1. 90% Warga Kanada akan membeli hadiah untuk pasangan mereka pada Hari Valentine.
  2. 51% Pasangan ingin merayakan Valentine dengan makan malam romantis.
  3. 67% Pria dan wanita lajang berani melakukan kencan pertama pada Valentine.
  4. 73 persen orang yang membeli bunga untuk Hari Valentine adalah laki-laki, sementara hanya 27 persen adalah perempuan.
  5. 15 persen perempuan di Amerika mengirim sendiri bunga di Hari Valentine.
  6. Selain Amerika, Hari Valentine dirayakan di Kanada, Meksiko, Inggris, Perancis, Australia, Denmark dan Italia.
  7. Hadiah yang paling fantastis cinta adalah Taj Mahal di India. Taj Mahal dibangun oleh Kaisar Mughal Shahjahan sebagai peringatan kepada istrinya.
  8. Setiap Hari Valentine, kota Italia Verona, di mana pecinta Shakespeare Romeo dan Juliet hidup, menerima sekitar 1.000 surat yang ditujukan kepada Juliet.
  9. # 1 hadiah pilihan untuk Hari Valentine adalah cokelat.
  10. Pada tahun 1800-an dokter umum menyarankan pada pasien yang patah hati untuk makan cokelat, karena dapat mengklaim rasa sakit mereka. Sampai hari ini, banyak wanita menemukan kenyamanan dalam sekotak coklat ketika berhadapan dengan patah hati.
  11. Richard Cadbury menghasilkan kotak pertama cokelat untuk Hari Valentine di tahun 1800-an.
  12. Lebih dari 35 juta
Sumber

Demikian artikel tentang Fakta Hari Valentine yang dapat kami sampaikan semoga artikel atau info tentang Fakta Hari Valentine ini, berkenan dan bermanfaat. Jangan lupa like dan share nya ya!